Gagasan revolusi mental yang
dilontarkan oleh Presiden Jokowidodo membangkitkan banyak tanggapan dari
kalangan politisi, akademisi, dan pemerhati pendidikan. Dalam konteks
pendidikan, pertanyaan utamanya adalah bagaimana lembaga pendidikan mampu melaksanakan
revolusi mental sehingga sekolah dapat menjadi tempat pembentukan karakter
siswa yang unggul, bertanggungjawab dan cinta pada nusa dan bangsa?
Buku Strategi Pendidikan Karakter – Revolusi Mental dalam Lembaga Pendidikan
menawarkan cara-cara strategis dan efektif bagi para pendidik dan pengelola
sekolah agar mampu menerjemahkan revolusi mental dalam lembaga pendidikan
melalui strategi pendidikan karakter yang efektif.
Penulis buku ini, Doni Koesoema
A, sudah malang melintang memberikan pelatihan Pendidikan Karakter bagi para
guru dari tingkat dasar, menengah, maupun di pendidikan tinggi (universitas)
dalam rangka pengembangan pendidikan karakter. Ia selain dikenal sebagai
pemerhati pendidikan, juga dikenal sebagai pengembang pendidikan karakter utuh
dan menyeluruh dalam konteks keindonesiaan.
Buku ini menjadi buku keempat,
setelah buku Pendidikan Karakter –
Strategi Mendidik Anak di Zaman Global (Grasindo, 2007), Pendidik Karakter di Zaman Keblinger –
Mengembangkan Visi Guru sebagai Pendidik Karakter dan Pelaku Perubahan
(Grasindo, 2009), Pendidikan Karakter
Utuh dan Menyeluruh (Kanisius, 2013), yang memaparkan pemikiran dan gagasan
Doni tentang pendidikan karakter utuh dan menyeluruh yang digagasnya sejak
2007.
Banyak orang bertanya, bagaimana
mendesain pendidikan karakter yang efektif? Buku Strategi Pendidikan Karakter
ini memberikan jawabannya. Penulis memaparkan bagaimana cara-cara efektif lembaga
pendidikan dalam mendesain program pendidikan karakter secara utuh dan
menyeluruh. Penulis melihat bahwa selain karena pemahaman konseptual yang
lemah, pendidikan karakter yang dijalankan bisa gagal karena pengelola lembaga
pendidikan, Ketua Yayasan, guru, kepala sekolah belum memiliki strategi yang
efektif bagaimana menerapkannya dalam lembaga pendidikan. Di sinilah buku ini
memberikan solusi.
Jawaban atas pertanyaan bagaimana
lembaga pendidikan mampu mendesain secara efektif program pendidikan karakter
sebagai bagian dari revolusi mental dapat Anda temukan dalam buku ini secara
mendalam dengan beberapa contoh konkret yang bisa memperkaya praksis pendidikan
karakter di lingkungan sekolah kita.
No comments:
Post a Comment